Sabtu, 31 Desember 2016

Cara menggunakan Panci Maxim Presto

Mungkin selain perayaan ulang tahun saya waktu masih kecil, pernikahan saya adalah momen kedua di mana saya paling banyak mendapat kado (kesian... ). Dan di antara tumpukan kado tersebut (terima kasih banyak buat semua kadonya ya..), terdapatlah panci presto pertama yang saya punya. Panci presto merk Maxim ukuran 4ltr ini diberikan oleh teman kantor suami saya. Tapi karena saya belum punya nyali untuk mencobanya (takut meledug, hahaha), jadilah panci tersebut baru saya gunakan 3tahun kemudian ;D

Mengingat pengalaman saya yang bernyali kecil ditambah buku panduan yang agak panjang kali lebar, saya mau sedikit berbagi pengalaman untuk cara penggunaannya. Yang ternyata, cukup mudah penggunaannya loh*kemarin2 kemana aja

Berikut penampakan pancinya:
sumber : http://maxim.co.id/products/maxim-cookware/presto/16/


Panci Maxim Presto sendiri terdiri dari panci presto dan panci steamer (yang bentuknya seperti panci pada rice cooker). Panci Maxim Presto berukuran 4ltr dan 7ltr. Milik saya adalah panci yang kecil ukuran 4ltr. 

Nah, untuk penggunaannya perhatikan dahulu bahan makanan yang akan dimasak. Untuk daging dan ikan, isi panci tidak boleh melebihi 3/4 panci. Untuk nasi, isinya tidak melebihi 2/3 panci, dan untuk bahan yang mengembang seperti tepung, kacang, dll isinya tidak boleh melebihi 1/2 presto (sumber: Maxim Presto Instruction Manual & Recipes).

Bahan, bumbu, dan air secukupnya saya masukkan langsung ke dalam panci presto, tidak menggunakan panci steamer. Setelah mengisi bahan, tutup panci dengan posisi sbb:


Perhatikan tanda panah yang ada pada gagang panci dan tutup panci, ratakan. Tekan2 tutup panci agar tutup panci dapat digeser untuk mengunci.
Di bawah ini adalah posisi panci yang sudah terkunci dengan benar.



Lepaskan dahulu Katup Pembatas Tekanan pada titik B pada saat awal memasak.

Katup pembatas tekanan
Hidupkan api besar, besarnya api jangan melebihi diameter panci. Pantau terus sampai uap keluar dari kedua lubang A dan B di bawah ini:



Saat sudah keluar uap, segera pasang Katup Pembatas Tekanan di titik B seperti di bawah ini: 


Pantau terus sampai uap keluar dengan nyaring dari Katup Pembatas Tekanan (bunyinya bisa dibilang seperti suara kereta api uap. Gejes..gejes... ;D

Saat uap sudah keluar dengan nyaring, kecilkan api. Tunggu bahan sampai masak. Perkiraan waktu yang dibutuhkan Sejak Uap keluar dari lubang A dan B:
Daging : 30 menit
Ikan : 5 menit
Ayam : 13 menit
Nasi : 5 menit
(sumber: Maxim Presto Instruction Manual & Recipes).

Panci baru dapat dibuka setelah semua uap keluar dari panci. Bila ingin membuka panci dengan cepat, dapat dilakukan dengan cara mengucurkan air ke tutup panci, atau merendam sedikit bagian bawah panci dengan air dingin.

Waktu yang diperlukan untuk memasak dapat disesuaikan lagi dengan keinginan kita. Dari yang pernah saya baca tentang pengguna lain + pengalaman saya, terkadang bumbu tidak terlalu meresap bila menggunakan panci presto. Untuk mengakalinya, saat tutup panci sudah terbuka, kita dapat merebus bahan kembali selama beberapa saat(tanpa tutup) agar bumbu dapat lebih meresap.

Hasil akhirnya, bahan makanan cepat matang, lebih lembut/lunak, dan vitamin tidak banyak hilang karena proses pemanasan yang tidak terlalu lama. Namun, panci Maxim Presto jenis ini belum sampai tingkatan untuk dapat melunakkan tulang ya sodara-sodara..

CATATAN: Segera matikan kompor apabila uap hanya keluar dari lubang A saja, C saja, atau bagian panci lainnya (misal, bibir panci). Segera matikan kompor, buka panci setelah dingin dan pastikan apakah ada penyumbatan pada lubang panci atau masalah lainnya.

Ini adalah ringkasan untuk memberi gambaran tambahan dari petunjuk yang terdapat pada Maxim Presto Instruction Manual & Recipes. Sangat saya sarankan untuk tetap membaca Maxim Presto Instruction Manual & Recipes yang telah dilampirkan dalam kemasan panci.

Selamat mencoba.. ;)

1 komentar:



  1. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perhari)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 8 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    BalasHapus